Chili House Gili Air

Kitapixel Kolaborasi Volunteering Bersama Chili House

Langsung diskusi sesaat sampai di Chili House. Dokpri

Gili Air, Lombok. Chili House Volunteering Program (CHVP) berawal di pekan pertama Februari 2021. Tadinya hanya sebatas komunikasi di WA chat. Percakapan awal ini berlanjut Kamis, 11 Februari, sepekan lalu. Meet up offline antara  Noor Ain Hussein (Chili House Founder) dan dua tim Kitapixel, yaitu Nurliya dan Dhan Doank.

Hasil awal pertemuan offline ini, to do list utama adalah mendatangkan para volunteer. Tim Kitapixel lainnya, Muslifa dan Yogie, lantas bergerak cepat mengontak jejaring mereka. Beberapa teman lintas komunitas, yang dikenal akan bergerak cepat dan bisa segera bersiap melakukan aktifitas volunteering ini.

A Brief of Chili House Volunteering Program

Program-progam volunteer di Chili House bertajuk ‘A Center Built By Community For Community’. Tajuk ini juga menggambarkan langsung, bahwa program-program yang disusun dilakukan oleh komunitas. Kemudian juga dibagikan, pada komunitas. Ain juga menambahkan, bahwa ia menggagas program ini agar ibu-ibu serta anak-anak di Gili Air tetap berkegiatan positif. Sebagian besar dari aktifitas, ia bagikan di akun sosmed FB Chili House.

Siapa saja peserta program ini? Peserta umum program ini adalah ibu-ibu dan anak-anak di Gili Air. Satu dari tiga gili destinasi wisata terkenal di Lombok. Tepatnya di Desa Gili Indah, kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Chili House sendiri adalah satu nama dari tiga bangunan terpisah. Pemisahan tiga bangunan ini, disesuaikan juga dengan program yang dilaksanakan di masing-masing tempat ini. Apa saja?

Anak-anak CHVP praktek membuat cendol Aloe Vera. Dokpri

Pertama, ada Mari House. Di Mari House, aktifitas yang dilakukan sebagian besar tentang ‘recycling’. Berbagai barang bekas akan diolah oleh para ibu-ibu peserta CHVP. Mari House kemudian langsung pula jadi display center dari semua olahan tersebut.

Kedua, ada Aku House. Bangunan ini khusus untuk Restaurant, Breakfast and Bed. Dimana Ain memusatkan sumber pendapatan, kemudian menyisihkan sebagiannya untuk sebagian besar aktifitas CHVP.

Ketiga, Chili House sendiri. Magnet terbesar dari keseluruhan CHVP. Di sini, ada sekitar 50an anak-anak yang memadati setiap aktfitas yang disusun Ain. Misal, di Jumat 17 Februari, hari pertama kedatangan tim volunteer. Sekitar 30 anak-anak, mulai dari umur 5 sampai 12 tahun telah berkegiatan dari pukul 11 pagi.

Ketiga bangunan di atas, lalu disingkat Ain sebagai MAC (Mari, Aku dan Chili). MAC yang menjadi satu kesatuan. ‘Pusat’ dari beragam materi yang diajarkan selama CHVP berlangsung.

Lintas Komunitas Di CHVP Paling Awal

CHVP dan Kitapixel Lombok, berkolaborasi dengan sekitar lima komunitas lainnya. Ada English Alumni Association Mataram University (EAAMU), Jage Kastare Foundation (JKF), Trash Hero Indonesia (THI), Lombok Hidden Trip (LHT) dan beberapa mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris Universitas Mataram.

Jeda istirahat dengan nonton bareng dan sebagian melanjutkan mewarnai. Dokpri

 Tim awal ini, segera setelah sampai di Chili House, langsung bertemu anak-anak dan menyaksikan aktifitas mereka. Tak tanggung-tanggung, anak-anak melakukan enam aktifitas berbeda. Yudha Hidayat dari JKF, dari diskusi tim di sela aktifitas, aklamasi terpilih menjadi Program Director. Ia akan mengawal program selama lima hari. Mulai Jumat 17 Februari sampai Minggu, ditemani empat orang mahasiswa Unram .

Tiga Program Awal di CHVP

Di tim awal, tiga program disusun. Program-program ini akan dilaksanakan, di samping beragam kegiatan CHVP lainnya (baca: semua aktifitas di MAC).

Program Basic Literacy dengan fokus Bahasa Indonesia

Program Basic English

Program Basic Math

Qyara berfoto dengan hasil kreasinya sendiri. Dokpri

Sebelum tim pertama ini, program CHVP telah berjalan padat selama seminggu penuh. Qyara (11 tahun), salah seorang ‘murid’ CHVP ringan menyebutkan  Handy Crafting, Basic English, Math, dan Music. Yang ternyata masih baru sebagian dari keseluruhan program, serta yang berlokasi di Chili House saja. Ada pula Beach Clean Up setiap Sabtu jam 3 siang, dan Sunday Market yang diikuti oleh ibu-ibu peserta CHVP.

Nantinya program-program ini akan dilanjutkan oleh tim-tim volunteer selanjutnya. Misal, Evi Isnasilvia Putri dari THI dan LHT, akan menyiapkan program-program bersesuaian sesuai latar komunitasnya. Atau dukungan keberlanjutan program dari volunteer anggota Pena Kampus, Lembaga Penerbitan Kampus (LPK) FKIP Universitas Mataram. Bahkan lintas komunitas yang lebih luas lagi, di Lombok, nasional juga lintas dunia.

Penulis : Muslifa Aseani

3 thoughts on “Kitapixel Kolaborasi Volunteering Bersama Chili House”

  1. hi I intend to take part in volunteer activities on Gili Air but I can’t find a website to register

    1. Hi there Diana. You may wassap us at our contact phone number at this web.
      Can’t wait to meet you at Chili House ^^

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top